Special For Final Exam :)

Sabtu, 26 November 2011

(+) (-) Linux


Keuntungan menggunakan Linux


1. Lebih aman
Linux memisahkan hak akses file dan direktori bagi user biasa dan super user atau root. Seorang user biasa hanya di beri akses di sebuah folder direktori tertentu untuk menyimpan data, yaitu di folder /home/nama. Oleh karena itu, keamanan file-file system dan file-file lain di jaga dari kemungkinan terhapus oleh user biasa. Di samping itu setting system juga membutuhkan password dari Super User.
2. Lebih tahan virus
Karena pemisahan akses file tsb, kurang memungkinkan suatu virus menerobos file system. Di samping itu Linux tidak memiliki Registry yang di kenal merupakan tempat persembunyian virus. Di Linux juga tidak terdapat file exe yang dapat di jangkiti virus dan dapat menyebarkan virus.
3. Gratis dan dapat di sebarluaskan
Linux memiliki lisensi GNU, yaitu sebuah lisensi yang memperbolehkan seseorang untuk menyebarluaskan, memodifikasi dan menggunakan Linux secara gratis.
4. Kompatibel dengan Hardware lama
Linux dapat di install di Hardware lama dan tentu nya tidak menerapkan GUI dalam hal ini. Hardware lama tsb dapat di gunakan untuk server yang tidak membutuhkan GUI. Dalam hal ini, Linux mensyaratkan spesifikasi hardware yang rendah.


Kerugian Menggunakan Linux
1. Sedikit penggunanya
Hal ini mengakibatkan lebih sedikit juga orang-orang yang dapat di jadikan ajang bertanya sesama pengguna Linux.
2. Support dari perusahaan tidak ada
Terutama untuk Linux yang free, maka support mengandalkan manual dan komunitas. Tidak ada garansi terhadap error dan akibat dari error.

Sumber: Akhmad Sofwan

2 komentar:

  1. Linux, alternatif dari OS berbayar. untuk kelemahan yang di tulis di artikel ini untuk jaman sekarang kayanya udah nggak begitu kerasa deh cit, hehe.

    Udah banyak orang2 yang pake linux (walaupun yang pake kebanyakan praktisi IT atau ikut2an aja) salah satu distro linux juga udah didukung banyak perusahaan kayak OpenSUSE, bahkan distro linux kayak Ubuntu, OpenSUSE udah user friendly dari segi GUI jadi nggak sulit digunakan orang awam linux.

    AndiArahman Home
    Blog AndiARahman

    BalasHapus
  2. maaf br bls, br liat klo ada coment :D
    hehe, kan gw ga pke linux alhasil gw copas pndapat org ndi, yg kmrn netbook gw eror itu kan krn sblmnya bootingannya di otak atik bwt linux (hasil gw ga ngerti,hehe)..
    tp thanks sarannya :)

    BalasHapus